RPP Akidah Akhlak Berkarakter
Minggu, 05 Februari 2012 - 0 komentar

RPP Akidah Akhlak Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MTs                             : MTs Al-Falah Cileles
Mata Pelajaran          : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester          : VII/1
Alokasi Waktu           : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

A.   Standar Kompetensi   :  
1.        Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.  
B.   Kompetensi Dasar      :
1.1.  Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.
C.   Indikator
1.        Kognitif
·      Menjelaskan pengertian Akidah Islam
·      Menyebutkan dasar Akidah Islam
·      Menggali tujuan Akidah Islammangga di di download

2.         Afektif
a.    Karakter
·      Religius
·      Ingin tahu
·      Disiplin
·      Menghargai
·      Kerja keras
b. Keterampilan Sosial
·      Bertanya
·      Memberikan ide atau pendapat
·      Menjadi pendengar yang baik
D.   Tujuan Pembelajaran
1.        Tujuan Kognitif
·      Menjelaskan pengertian Akidah Islam
·      Menyebutkan dasar Akidah Islam
·      Menggali tujuan Akidah Islam
2.        Tujuan Afektif
a.    Karakter
·      Dalam proses pembelajaran siswa dilatih untuk memiliki karakter religius (taat, jujur, tadabbur, tafakur)
·      Dalam proses pembelajaran siswa dapat dilatihkan karakter rasa ingin tahu tentang apa yang belum diketahui
·      Dalam proses pembelajaran siswa dapat dilatihkan karakter disiplin dalam mengikuti pembelajaran
·      Dalam proses pembelajaran siswa dapat dilatihkan karakter menghargai terhadap ide atau pendapat orang lain
·      Dalam proses pembelajaran siswa dapat dilatikan karakter tanggungjawab terhadap tugas-tugas yang diberikan
b.   Keterampilan Sosial
·      Siswa aktif mengajukan pertanyaan.
·      Siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
·      Siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
E.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Akidah Islam
Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang berasal dari kata عَقَدَ Menurut bahasa, kata tersebut mempunyai arti ikatan.
 Pengertian Akidah Islam Menurut istilah adalah beberapa urusan yang harus dibenarkan oleh hati yang mendatangkan ketentraman jiwa, menjadi keyakinan, dan tidak tercampur sedikitpun dengan keraguan.
2.      Dasar-dasar Hukum Akidah Islam
a.    Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah firman Allah swt. Yang diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW. Dengan perantara malaikat Jibril. Di dalam kitab suci Al-Qur’an diterangkan akidah islam yang sesuai kehendak Allah swt. Akidah islam termuat didalam kedua kalimah syahadat yang artinya sebagai berikut.
“Aku bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah”.
b.    Hadist
Hadist ialah segala ucapan, perbuatan dan takrir (sikap diam) nabi Muhammad saw. Hadist dijadikan sebagai dasar hukum kedua dengan beberapa alasan, antara lain sebagai berikut.
1)        Segala yang diucapkan rasulullah saw berdasarkan petunjuk wahyu dari Allah swt sebagai berikut firman-Nya dalam Q.S. al-Haqqah/69:44-46
2)        Allah SWT telah member petunjuk kepada manusia agar menguti kebenaran yang disampaikan Rasulullah SAW sebagaimana firman-Nya dalam Q.S. al-Hasyr/59:7
3)        Banyak hadist yang menjelaskan maksud beberapa Al-Qur’an yang masih bersifat global, termasuk masalah akida Islam. Contohnya Allah SWT berfiman dalam Q.S. an-Nisa’/4:36
3.      Tujuan Mempelajari Akidah Islam
a.    Untuk mengetahui petunjuk hidup yang benar dan dapat membedakan mana yang benar dan yang salah sehingga hidupnya diridhoi AllahSWT. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. al-Baqarah/2:185.
b.    Untuk menghindarkan diri dari pengaruh kehidupan yang sesat atau jauh dari petunjuk hidup yang benar. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Q.S. al-An’am/6:153.
F.       Model dan Metode Pembelajaran :
Pendekatan           : PAIKEM
Model                    : CTL
Metode                 : Inquiry
Teknik                    : Diskusi,  penugasan/resitasi, presentasi
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.        Pendahuluan (10 menit)
            Apersepsi dan Motivasi
·      Mengucapkan salam hangat dan apa kabar  (religius, disiplin dan antusias)
·      Membaca al-fatihah dan berdoa (religius, disiplin dan taat aturan)
·      Guru mengamati kebersihan dan ketertiban kelas serta melakukan pengecekan
·      kehadiran peserta didik,  tentang kegiatan piket dan kebersihan kelas (Disiplin, Peduli lingkungan dan tanggungjawab)
·      Guru menanyakan materi pembelajaran minggu yang lalu, yang terkait dengan materi pembelajaran minggu ini. (berfikir kritis, ingin tahu, kreatif)
·      Menjelaskan kompetensi yang akan dibahas (hormat kepada guru)
2.  Kegiatan Inti (55 menit)
Ekspositori:
Guru menyampaikan materi pengertian Akidah Islam dan Dasar serta tujuan akidah Islam (rasa ingin tahu dan antusias).
a.    Eksplorasi
·      Siswa dibagi dalam satu bangku (bersahabat dan komunikatif)
·      Tiap kelompok diberi tugas untuk mencari dasar dan tujuan akidah islam, yaitu dengan menelaah Q.S. Al-Baqarah : 185 dan Q.S. al-an’am 153 ( Mandiri dan Percaya diri)

b.   Elaborasi
·      Setelah selesai diskusi, secara acak masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi (Berani, Percaya diri, peduli dan  tanggung jawab)
·      Kelompok yang lain menanggapi hasil kelompok yang sedang presentasi, dan mengajukan pertanyaan (rasa ingin tahu)
c.    Konfirmasi
·      Guru meluruskan kesalah pahaman hasil diskusi (ingin tahu, dan komunikatif)
·      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang hal yang belum paham
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·      Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai- nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. (religius)
·      Evaluasi: Tanya jawab secara lisan dan tes tulis (percaya diri, tanggungjawab dan taat aturan)
·      Refleksi: Bertanya tentang kekurangan pembelajaran hari ini (Jujur, rasa ingin tahu dan peduli social)
·      Tindak lanjut (penugasan) guru memberikan pekerjaan rumah (Gemar membaca, kerja keras dan tanggung jwaba)
·      Berdo’a (taat aturan)
H.       Sumber Pembelajaran
·      Al-Qur’an dan terjemahnya
·      Buku Membangun Aqidah dan Akhlak Kelas VII, Karya T. Ibrahim dan H. Darsono Terbitan Tiga Serangkai Solo
·      Buku Akidah Akhlak Kelas VII, Karya H.A. Wahid Sy. Terbitan Armico Bandung
I.          Assessment/ Penilaian
1.    Tes Tulis dan Lisan
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
·      Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah islam
·      Siswa dapat  menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
·      Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
Tes tulis

Tes tulis

Tes Tulis
Uraian

jawab singkat
Uraian
·    Jelaskan pengertian akidah islam ?
·    Sebutkan dasar–dasar akidah Islam ?
·    Jelaskan  tujuan akidah Islam ?
2.    Tes Proses
No
Nama peserta didik
Indikator Perilaku yang dinilai
Jml Skor
1
2
3
4
5
            Keterangan:
a.    Indikator Perilaku
1.    Religius
2.    Ingin tahu
3.    Disiplin
4.    Menghargai
5.    Kerja keras
b.    Ruprik Penilaian
·      BT: Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku/karakter yang dinyatakan dalam indikator) = Skor 1
·      MT: Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku/karakter yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten) = Skor 2
·      MB: Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku/karakter yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten) = Skor 3
·      MK: Membudaya (apabila peserta didik terus-menerus memperlihatkan perilaku/karakter yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten) = Skor 4


Jatinangor, ..........Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Mata pelajaran Aqidah Akhlak Kepala Madrasah                                                                                                                                               


Lilis HR, S.Ag.                                                              Kiki Rizki, S.Pd.I                     
NIP. 19680311 200604 2 002                                      NIP.

print this page Print This Page

0 komentar:

Poskan Komentar